Jika Anda punya domain ber-PageRank nganggur dan ingin dikaryakan, PostLinks adalah salah satu alternatif yang lumayan menjanjikan. Apalagi bagi pebisnis internet yang males karena dengan mengikuti program ini Anda akan dibayar tanpa harus melakukan apa-apa. Cukup daftarkan diri Anda sebagai Publisher, install plugin WordPress yang diberikan, dan bengong alias tunggu aja duitnya masuk ke Paypal. Nah loh, asik, kan?  :cendols

Jadi begini. Apabila Anda menjadi publisher PostLinks, maka blog yang Anda daftarkan secara otomatis akan diberi artikel secara berkala. Artikel-artikel tersebut juga akan langsung dipublikasikan ke blog Anda, sehingga benar-benar tidak perlu campur tangan Anda lagi. Nah, di dalam artikel tersebut, ada link / tautan ke si advertiser. Entah siapa. Yang jelas, dari mereka lah uang gaji Anda nanti, hehehe.

Selain artikel, PostLinks juga akan otomatis menambahkan komentar di artikel-artikel Anda. Sama seperti di atas, komentar ini pun mengandung unsur link ke situs advertiser. Tapi sejauh ini, saya belum menemukan komentar-komentar berbayar tersebut di blog yang saya ikut sertakan ke PostLinks.

Bagaimana dengan pembayarannya? Karena ada unsur PageRank di sini, maka tentu semakin tinggi PR yang Anda miliki, semakin gendut pula komisinya. Di bawah ini adalah screenshot penghasilan saya dengan menggunakan sebuah blog ber-PR 1.

Not much, sih. Tapi lumayan lah, buat nambah-nambah beli cendol. Apalagi pembayarannya tanpa batas minimum :thumbup:  Lagipula, kan masih bisa dikombinasikan dengan Google Adsense, iklan-iklan teks (InfoLinks, Kontera, dan sebagainya), atau berjualan ruang iklan sendiri. Ingat, domainnya kan ber-PageRank :)

Langkah-langkah untuk mendulang uang dari PostLinks adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan domain / situs ber-PageRank. Sebaiknya gunakan situs yang masih fresh atau memang dari awal kontennya sudah gado-gado (misal: situs direktori artikel). Sebaiknya pula untuk TIDAK menggunakan situs ‘utama’ Anda yang punya konten berkualitas (orisinil), untuk menghindari penurunan citra di mata Google.
  2. Jika situs masih baru alias kosong, install WordPress terlebih dahulu dan isi dengan beberapa artikel. Kopas gak masalah.
  3. Daftarkan diri Anda dan juga blog Anda ke PostLinks. Karena prosesnya mudah dan tidak ribet, rasanya tidak perlu dijelaskan detilnya di sini.
  4. Download dan install plugin WordPress ke blog / situs yang sudah Anda daftarkan. Atur opsi plugin PostLinks.
  5. Lakukan verifikasi blog / situs dari Dashboard PostLinks. Proses validasi ini tidak akan berjalan sukses apabila opsi plugin di langkah sebelumnya tidak dilakukan.
  6. SELESAI!

Oh ya, jangan khawatir, blog yang sudah disertakan ke PostLinks tetap bisa Anda updet manual sesuka Anda kok. Seperti sudah disebutkan di atas, Anda juga bisa memonetisasinya dengan program-program pencetak dolar yang lain. Saya sendiri menggabungkannya dengan Google Adsense dan InfoLinks.

Selamat mencoba dan jangan lupa daftarnya di sini ya, biar saya dapet komisi