Pengertian Domain dan Hosting Beserta Contohnya

Nah artikel kali ini ngbahas yang dasar-dasar dulu biar paham tentang pengertian domain dan hosting beserta contohnya. Untuk memudahkan contoh saya analogikan Apartemen itu sebuah Server, Lantai itu sebuah Hosting dan Kamar itu sebuah Domain. Baik saya mulai pembahasannya.

Pengertian Domain

Domain adalah nama pengganti dari ip address yang akan menuju pada server tertentu, Fungsi Domain adalah untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain itu juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit dikenal sebagai ip address.

Saya contohkan begini, dalam sebuah Apartemen ada beberapa Lantai, di dalam sebuah Lantai ada sebuah Kamar, nah kamar ini lah yang di sebut dengan domain, kita sebut saja nama kamar tersebut kamar saungdigital.com, nah ini lah yang disebut dengan nama domain.

Pengertian Domain dan Hosting Beserta Contohnya-1

Jenis-jenis Domain

  • Top Level Domain (TLD) adalah susunan huruf terakhir setelah tanda titik dari sebuah nama domain. Contoh juprimaulana.com maka TLD nya adalah .com (dot com). TLD banyak jenisnya seprti .com, .net, .org, .id, .pro dll.
  • Second Level Domain (SLD) adalah bagian kedua dari kanan atau bagian setelah TLD dari sebuah nama domain. Contoh SLD juprimaulana.blogspot.com maka SLD nya adalah .blogspot
  • Subdomain adalah sebuah domain yang merupakan bagian dari domain utama, subdomain biasanya terletak di depan (sebelah kiri) dari nama domain. Tujuan dari dibuat subdomain biasanya karena diperlukan sebuah website baru yang memiliki fungsi berbeda dengan website utama. Contoh blog.juprimaulana.com maka sub domain nya adalah blog.

Setelah paham apa itu domain, langkah selanjutnya adalah menentukan hosting, domain tidak akan berjalan atau tidak bisa di akses tanpa adanya hosting.

Pengertian Hosting

Hosting adalah suatu layanan yang berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan data pada sebuah website sehingga dapat diakses melalui internet. Data tersebut dapat berupa dokumen, gambar, video, email, aplikasi, dan lain sebagainya.

Secara gampang hosting adalah tempat dari sebuah website. Hosting inilah yang akan digunakan oleh penyewa tempat untuk menyimpan data-data agar sebuah website bisa bekerja, domain tanpa hosting maka tidak akan bisa di akses.

Saya contohkan begini, dalam sebuah Apartemen ada beberapa Lantai, di dalam sebuah Lantai ada beberapa Kamar, nah Lantai ini lah yang di sebut dengan hosting. Di dalam sebuah hosting kita bisa buat beberapa bahkan banyak domain (kamar), tapi tergantung kapasitas dari hosting tersebut.

Pengertian Domain dan Hosting Beserta Contohnya-2

Jenis-jenis Hosting

Pada dasarnya hosting terdiri dari berbagai jenis dan spesifikasi, sesuai dengan kebutuhan dari penggunanya. Jadi pilih lah hosting sesuai kebutuhan saja.

Shared Hosting

Shared hosting adalah jenis layanan web hosting dimana dalam satu server di miliki oleh banyak pengguna untuk berbagi sumber daya. Jenis hosting ini umumnya lebih murah dibandingkan yang lainnya.

Shared hosting biasanya digunakan oleh para pemilik website yang trafik websitenya tidak banyak, cocok bagi pemula atau yang baru belajar.

Contoh, dalam sebuah Apartemen ada beberapa Lantai, di dalam sebuah Lantai ada beberapa Kamar, nah Lantai ini lah yang di sebut dengan shared hosting. Dimana kamu akan berbagi kapastias dengan lantai-lantai yang lain pada sebuah apartemen (server).

VPS Hosting

VPS hosting adalah singkatan dari Virtual Private Server, yaitu sebuah mesin virtual yang digunakan sebagai hosting untuk website. Konsep virtualisasi mirip dengan shared hosting di mana satu server dapat memiliki beberapa situs yang berjalan di atasnya. Namun, teknologi virtualisasi memungkinkan setiap account harus diperlakukan sebagai mesin sendiri dengan sumber daya sendiri.

Virtual Private Server digunakan oleh pemilik website yang memiliki website dengan trafik yang besar dan stabil, cocok bagi publisher adsense yang memiliki trafik besar 10.000 pv/ day.

Contoh, dalam sebuah Apartemen ada beberapa Lantai, di dalam sebuah Lantai ada beberapa Kamar, nah Lantai ini lah yang di sebut dengan VPS Hosting. Dimana kamu adalah pemilik seluruh ruangan pada sebuah apartemen (server) tanpa berbagi dan terganggu.

Dedicated Hosting

Dedicated hosting adalah jenis layanan hosting yang menyediakan server yang digunakan hanya untuk satu akun website saja. Dengan kata lain, satu server ini didedikasikan untuk melayani satu klien saja atau satu website.

Jenis hosting ini untuk pemilik website dengan trafik yang sangat besar. Selain performa website yang lebih baik, dedicated hosting juga menawarkan privasi yang lebih terjaga karena hanya digunakan oleh satu klien saja, cocok untuk perusahan besar untuk menjaga keaman dan kesetabilannya.

Contoh, dalam sebuah Apartemen ada beberapa Lantai, di dalam sebuah Lantai ada beberapa Kamar, nah Apartemen inilah milik anda sendiri tanpa berbagi dan terganggu.

Nah itulah pengertian domain dan hosting beserta contohnya semoga bermanfaat, ini contoh ala saya bisa berbeda dengan contoh pada blog lain.