Cara Mengatasi Bounce Rate Tinggi Pada Website

Sebelum membahas cara mengatasi bounce rate tinggi pada website, pahami dulu apa itu bounce rate dan pengaruhnya pada website.

Apa itu Bounce Rate ?

Bounce Rate adalah ukuran seberapa betahnya pengunjung dalam website anda. Bounce Rate yang tinggi, mendekati 100%, itu artinya, pengunjung hanya sebentar saja di website anda, tidak mau berlama-lama dan tidak mau mengklik konten lain dalam website. Bounce Rate bukan hanya berdasarkan waktu kungjungannya yang sangat sebentar, biasanya kurang dari 10 detik, tetapi juga apakah pengunjung mau mengklik konten lain. Jika pengunjung lama pada suatu konten, tetapi tidak mengklik konten lain, maka Bounce Rate tetaplah tinggi.

Apa Pengaruh atau Efek Jika Bounce Rate Tinggi Pada Website ?

Pengaruh buruk yang akan diterima oleh sebuah webite yang mengalami bounce rate tinggi adalah kehilangan popularitasnya dan akan ditenggelamkan oleh mesin pencari, website akan sulit mendapatkan posisi SERP. Maka dari itu perlu diketahui faktor faktor apa saja yang mempengaruhi, mengapa pengunjung hanya mengakses satu halaman saja dan tidak melanjutkan browsing ke halaman yang lain.

Lalu Apa Manfaat Bounce Rate Rendah ?

Bounce rate tidak terhitung apabila pengunjung tidak menutup halaman yang mereka kunjungi ( klik close). Selain mempertahnkan peringkat website di mesin pencari, juga bermanfaat untuk meningkatkan page view pada website anda sehingga berefek pada penghasilan Adsense atau yang lainnya.

Lalu Bagaimana Cara Mengatasi Bounce Rate Tinggi Pada Website ?

Untuk menghindari website mendapat bounce rate tinggi ada baiknya kita perhatikan hal-hal berikut yang sekiranya bisa sebagai solusinya :

1. Menampilkan konten berkualitas

Konten memberi solusi karena tujuan pengunjung surfing diinternet adalah untuk mencari suatu jawaban atas pertanyaan, atau untuk menambah ilmu pengetahuan. Jika artikel yang disajikan dalam website mampu memberikan solusi atau jawaban dari apa yang dicari pengunjung, contoh “pengunjung mencari tentang model-model kamar mandi yang ditampilkan sesuai dengan kata kunci yang dia cari” ya bahasa simpelnya artikel’y nyambung. untung Theme Sewall udah otomatis deskripsinya tenang jauh dari duplikat content, jumlah kata bisa diatur sebanyak mungkin juga bisa.

2. Perhatikan Penampilan Website

Tampilan website juga mempengaruhi kenyamanan pengunjung. Website yang bagus adalah website design sederhana yang enak dilihat. Padukan latar belakang dengan warna text agar mudah dibaca. Pada setiap halaman situs tampilkan juga link link terkait yang relevan. Seperti related post atau latest post bisa dimunculkan, tentu membuat pengunjung akan berlama lama di website dan pengunjung mau mengklik konten lain karena menganggap konten lain juga menarik. Untung Theme Sewall tampilan simpel, elegan dan menarik pastinya udah otomatis ada internal link ke kategori dan adanya related post yang sesuai dengan kategori yang ditampilkan.

3. Mobile Responsive

Saat ini sudah ada lebih banyak pencarian yang berasal dari perangkat ponsel daripada dekstop. Hal inilah yang menjadi sangat penting, tidak hanya menyediakan pengalaman mobile-ready, tetapi untuk memastikan kalau pengalaman tersebut sudah tersedia di halaman website Anda. Untung Theme Sewall sudah mendukung fitur ini jadi tidak peru khawatir akan hal ini anda bisa lakukan cek mobile responsive website demo.sewall.pro menggunakan Responsinator.

4. Kecepatan Website

Tidak ada seorangpun yang suka menunggu berlama-lama, begitu juga saat browsing. Jika website memiliki loading lambat besar kemungkinan akan segera ditinggalkan oleh pengunjungnya. Dan untungnya lagi Theme Sewall memiliki kecepatan yang anda bisa lakukan cek kecepatan loading website demo.sewall.pro menggunakan GTMetrix ataupun Google Page Insight.