Kali ini saya akan membahas cara memilih niche, sebelumnya apa itu niche? Niche dalam dunia blogging sering disebut “tema blog” yang dimana membahas suatu topik tertentu dalam sebuah website. Kesalahan para pemula adalah masih asal menentukan niche dahulu sehingga bingung mau membahas apa. Tapi sebelum menentukan niche tentukan dahulu tipe blog kamu !

Daftar Isi [ Buka ]

Tipe Blog

Disini kamu mau buat tipe blog apa? blog untuk jualan kah, untuk adsense kah, untuk affiliate kah! tentukan tipe blog kamu tujuannya untuk apa? sudah saya singgung sebelumnya di mindset belajar seo. Nah sekarang kamu tentukan mau buat blog dengan tujuan apa, OK.

Baik kita lanjut, banyak orang sibuk mencari-cari niche apa yang mau digarap untuk blognya, ada yang cuma ikut-ikutan yang lagi rame, yang CPC nya tinggi dll, padahal jawabannya ada di diri kita sendiri mau garap blog dengan niche apa. Nah sekarang pikirkan mau buat blog dengan tipe apa!.

Lalu bagaimana cara memilih niche blog? berikut tips dari saya.

Sesuaikan Dengan Minat

Ini yang saya sangat sarankan, membuat blog dengan minat atau hobi kamu sendiri, kenapa? karena akan lebih mudah dalam mengelola dan membuat konten blog yang sedang dikerjakan. Contoh kamu hobi kucing maka kamu akan benar-benar paham tentang kucing entah makanannya, pola hidupnya, jenis ras nya dll, sehingga kamu bisa memberikan informasi yang benar kepada pembaca.

Alasan lainnya ketika membuat blog sesuai minat, secara mindset yang kamu bangun sebelum nya, akan lebih semangat membuat konten ketimbang nyari duit. Cuma nyalurin hobi dengan membuat konten eh malah dapat duit. Minat ini pun terbagi menjadi dua :

Niche Spesifik

Niche ini hanya membahas satu topik saja contohnya niche burung, maka website kamu hanya membahas tentang burung saja mulai dari burung A sampai burung Z. Hindari niche yang pada dasarnya kamu tidak tau banyak hal secara spesifik, contoh niche kesehatan, sedangkan kamu bukan orang yang ahli di bidang kesehatan maka hindari niche seperti ini, atau kamu memilih niche keuangan/ perbankan sedangkan kamu meggang uang aja jarang maka hindari juga 😀

Niche Gado-gado

Niche ini membahas apa saja yang kamu sukai atau yang lagi trend, contoh niche berita, maka website kamu hanya membahas berita-berita yang lagi ramai agar bisa menjadi viral. Biasanya niche seperti ini harus sering-sering update biar tidak ketinggalan zaman.

Masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan, saya sendiri lebih suka niche spesifik.

Gunakan Niche Abadi

Apa itu niche abadi? Niche abadi itu niche yang akan selalu di cari oleh para pembaca, contohnya Tips dan Cara. Niche ini yang paling banyak disukai karena trafik akan terus berdatangan meski jarang update artikel, kalau sering update malah lebih bagus. Berbeda dengan niche berita yang harus terus update karena beda waktu kejadian beda pula trend nya.

Baik sampai sini paham ya! mau buat blog untuk tujuan atau tipe apa! buat jualan, affiliate, publisher, branding atau yang lainnya, contoh tujuannya publisher adsense. Selanjutnya tentukan niche nya mau tentang apa! contoh tentang kucing. Maka selanjutnya kita akan meriset kata kunci (keyword) untuk niche tersebut.

Ini salah satu cara yang bisa dipertimbangkan untuk memilih niche di google trends KLIK DISNI, di bawaah ini adalah contoh dengan meng explore  kategori pada google trends dan melihat grafik nya, jika ada trafik yang seimbang brarti jiche tersebut layak untuk dipertimbangkan.

Memilih Niche Blog - Kucing

Baik sampai di sini dulu pembahasaan tentang cara memilih niche blog. Kita akan lanjut ke artikel selanjutnya cara riset keyword.