Bukan hal yang tabu lagi untuk dibicarakan bahwa lebih banyak pebisnis internet (pemula) yang gagal di tengah jalan ketimbang mereka yang melenggang dengan sukses. Jika kita hitung dengan menggunakan prinsip pareto,

 maka hanya 20% dari peminat bisnis internet yang berhasil melewati fase ujian pemula. Dari jumlah itu, hanya 20% yang lulus menjadi pebisnis internet sukses. Artinya, dari keseluruhan orang yang berminat terhadap bisnis internet, hanya 4%-nya yang benar-benar berhasil, berhasil, berhasil, horeee!

Yang lucu di sini menurut saya, alasan mengapa kebanyakan pebisnis internet layu sebelum berkembang bukanlah sesuatu yang baru. Semuanya masalah klasik yang entah mengapa, tetap saja menjadi masalah dari dulu hingga kini. Eh tapi kalau gak begitu namanya bukan masalah klasik, ya, hehehehe.

Nah, berikut ini 6 alasan mengapa pebisnis internet bisa mengalami kegagalan:

Meyakini bahwa bisnis internet adalah cara cepat kaya
Ini adalah alasan yang paling umum dan paling banyak membuat orang gagal. Penyebabnya karena memang sudah sifat dasar manusia yang ingin sedikit bekerja tapi uang berlimpah. Apalagi didoktrin dengan acara-acara di televisi (baca: sinetron) yang penuh dengan kemewahan. Tambah deh, bawaannya kalap kalau liat duit, hehehe. Yang perlu dipahami, bisnis internet adalah bisnis, dan semua bisnis pasti butuh waktu agar bisa sukses. Oleh karena itu, jangan keburu ngiler kalau ada yang mengatakan bahwa mereka bisa cari duit dengan gampang di internet. Meskipun SAAT INI mereka bisa melakukannya, bisa saja SEBELUMNYA mereka butuh waktu waktu dan usaha ekstra keras untuk bisa mewujudkannya.
Terlalu banyak berpikir
Kalau ada istilah NATO (No Action Think Only), ya ini yang cocok bagi mereka yang terlalu banyak menghabiskan waktunya untuk berpikir dan bertanya, tanpa melakukan tindakan yang nyata. Pertanyaan yang umum, misalnya, “apa benar internet bisa bikin orang kaya?”, “kalau mau jadi pebisnis internet harus mulai dari mana”, “kalau mulai dari sekarang masih bisa sukses atau gak“, dan sebagainya. Sayangnya, orang yang seperti mereka ini, meskipun sudah mendapatkan jawaban, justru akan mencari-cari pertanyaan yang lain. Bagai lingkaran yang tak berujung lah pokoknya (silahkan dibayangkan sendiri, hehehe).
Tidak mau mengeluarkan modal
Yang ini sudah pernah saya bahas di artikel “Tidak Punya Uang atau Tidak Mau Keluar Uang?“. Baca juga artikel “Perkiraan Modal Untuk Bisnis Internet“, “Kurang Modal? Jual Diri Dong!“, serta “Contoh Bisnis Internet Modal Minimal” sebagai pelengkap.
Tidak mau belajar dan mencari informasi dari berbagai sumber
Kebanyakan pemula tersandung oleh iklan produk digital yang mengekspos cara cepat kaya dari internet. Tanpa mencari informasi lebih lanjut, mereka langsung membeli produk tersebut dan pada akhirnya kecewa serta menganggap bisnis internet adalah sebuah penipuan. Itulah sebabnya kita harus jeli dalam memilah produk digital yang ingin kita beli serta harus memiliki pikiran terbuka untuk menerima informasi dan belajar dari berbagai sumber. Jika memungkinkan, cari sosok guru yang sekiranya dapat membantu Anda agar tidak terjebak dari jebakan-jebakan maut semacam itu.
Kurang serius dan menganggap bahwa bisnis internet adalah bisnis main-main
Memang aneh, jelas-jelas saja namanya bisnis internet, namun banyak yang masih menganggap bahwa ini bukan lah bisnis. Teorinya gampang saja, jika Anda menganggapnya main-main, maka hasilnya pun main-main. Jika Anda menganggapnya serius, maka insya allah hasilnya pun serius. Menetapkan visi, misi, dan target merupakan salah satu cara untuk membantu agar pikiran kita fokus dan tetap serius dalam bisnis internet yang kita tekuni.
Tidak mau berinovasi
Meniru memang salah satu shortcut untuk mencapai tujuan sukses. Tapi meniru dan menerapkannya mentah-mentah adalah sebuah kebodohan. Dulu, pada saat orang lain tahu bahwa situs gadget saya banyak menghasilkan dari Google AdSense, berbondong-bondong mereka membuat situs sejenis. Tidak hanya topiknya, sampai template dan nama domainnya pun disamakan. Hasilnya? Hampir semua gagal dan punya saya tetap bertahan 🙂 Satu yang tidak disadari oleh mereka adalah saya sukses bukan karena pemilihan topik (yang sebetulnya asal karena sesuai dengan hobi saya), template (yang saya bikin sendiri hanya agar berbeda dengan situs yang lain tanpa ada pemikiran soal SEO sama sekali), dan nama domain (yang kebetulan menggunakan domain lama saya tanpa berpikir soal SEO). Saya sukses karena… nanti aja deh di artikel tersendiri, hehehe.

Semoga tidak ada satu pun dari keenam alasan di atas yang menjadi penghalang dari diri Anda